Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan - Ciamis Jawa Barat

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Tahukah Anda bahwa selain dagingnya yang lezat dan susu yang lezat yang berasal dari hewan mamalia ini juga tidak kalah nikmat untuk diminum. Bukan hanya masalah rasa tapi kandungan dan manfaat susu kambing murni bisa menjadi pengganti susu sapi dan susu nabati.

 

Susu kambing memiliki persentase protein, kalsium, dan zat penting lainnya yang lebih tinggi untuk tubuh Anda daripada susu sapi, yang biasa dikonsumsi. Berdasarkan laporan United States Department of Agriculture (USDA), berikut adalah perbandingan nutrisi dalam satu cangkir (237 mililiter) susu kambing dan susu sapi. Berdasarkan penelitian, analisis susu kambing vs sapi jelas bahwa kandungan kalsium, protein, magnesium, fosfor dan kalium susu kambing melebihi susu sapi. Selain itu, keunggulan susu kambing adalah pilihan yang baik untuk pencernaan manusia, mudah dicerna dan juga mengandung prebiotik tingkat tinggi untuk memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

 

Sayangnya, susu kambing murni beserta turunannya, sulit ditemui di pasaran. Alasannya karena jumlah sapi perah lebih sedikit. Inilah mengapa tidak disangka susu kambing dijual dengan harga tertinggi untuk menjual susu sapi tersebut. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk mengganti susu yang Anda konsumsi setiap hari dengan minum susu kambing, berikut 10 manfaat utama susu kambing mentah dan olahan yang wajib Anda ketahui:

 

1. Sumber asupan protein tinggi

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah besar untuk membangun jaringan dalam tubuh, membentuk antibodi, dan merupakan sumber energi penting selain lemak dan karbohidrat. Susu kambing memiliki lebih banyak protein daripada susu sapi atau susu nabati. Kandungan protein susu kambing adalah 9 gram seperti pada susu sapi 8 gram. Jika susu nabati seperti susu kedelai mengandung sekitar 6-7 gram protein, sedangkan susu almond memiliki 0-1 gram protein.

 

Dengan manfaat tersebut susu kambing dapat membantu melengkapi kebutuhan protein harian Anda dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Namun, tentunya tetap diisi dengan sumber protein lain seperti daging, telur, dan kacang-kacangan.

 

2. Tingkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh? Mineral selenium yang ada pada susu kambing diakui jumlahnya cukup banyak dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium dalam tubuh bertindak sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, kebutuhan selenium untuk menjaga kesehatan tubuh tidak bisa diabaikan. Karena kandungan selenium yang tinggi pada susu kambing dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala cuaca dan tingkat olahraga, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Memasukkan segelas produk susu kambing ke dalam diet pilihan Anda dapat meningkatkan kesehatan dan membuat Anda lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang yang minum susu mengalami diare, kembung, dan mulas. Meski sehat, tubuh Anda akan menjadi lemah akibat konsumsi susu. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mencerna dengan baik kandungan susu yang mengandung laktosa akibat alergi susu tertentu.

 

Susu kambing yang mengandung laktosa dan tinggi protein dianggap lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan Anda daripada susu sapi. Terlebih lagi, ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing dapat menyebabkan lebih sedikit reaksi terhadap alergen dibandingkan susu sapi. Namun, akan sangat ideal bagi mereka yang memiliki riwayat alergi untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan profesional medis untuk keamanan. Prebiotik yang ada dalam susu kambing juga dapat memberikan asupan bagi bakteri baik dalam sistem pencernaan agar jumlahnya tetap normal atau bahkan bertambah untuk memperlancar metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Susu bukan hanya sekedar sumber protein, alasan utama orang mengkonsumsi susu adalah untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium bagi tubuh. Ini karena peran penting yang dimainkan kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dalam kondisi baik. Dari tabel perbandingan nutrisi, 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing mengandung 327 mg kalsium. Jumlahnya bisa mencapai 51 mg lebih banyak dari kalsium pada susu sapi. Ini berarti menambahkan susu kambing ke dalam makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari.

 

Bahkan sebuah penelitian tahun 2014 di Rusia menemukan bahwa 400ml susu kambing per setiap hari selama 42 manula diperkirakan berdampak pada metabolisme tulang. Ini juga dapat membantu melawan osteoporosis bersamaan dengan terapi.

 

5. Pengurangan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang paling sering terjadi. Untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, ada banyak kebiasaan sehat yang bisa Anda ikuti dimulai dengan olahraga dan menerapkan gaya hidup sehat salah satunya adalah menambahkan susu kambing ke dalam makanan. untuk diet sehat.

 

Susu kambing dikemas dengan asam lemak tak jenuh (tunggal dan ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang membantu mencegah berbagai bentuk penyakit jantung. Selain itu, kandungan magnesium yang tinggi pada susu kambing sangat baik untuk menjaga kesehatan detak jantung, juga mencegah peningkatan kadar kolesterol sehingga jantung lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Untuk mewujudkannya, Anda perlu memperhatikan asupan kalsium harian Anda. Tak hanya penting untuk kesehatan tulang, kalsium juga berfungsi untuk mendukung pembentukan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dari total kalsium yang diserap tubuh, 99 persen disimpan di tulang dan gigi. Kalsium ini dimanfaatkan untuk membentuk jaringan gigi dan menjaga kesehatan gigi Anda. Jika tidak ingin gigi Anda mudah retak dan rontok, perbanyaklah konsumsi minuman dan makanan yang penuh kalsium. Susu kambing bisa menjadi sumber kalsium pilihan Anda untuk konsumsi sehari-hari. Jumlah kalsium dalam susu kambing mampu memenuhi 33% kebutuhan gizi harian. Itu lebih tinggi dari susu sapi yang hanya 28 persen.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung linoleat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum susu kambing membantu mengurangi kolesterol di kantong empedu dan juga di arteri.

 

Alhasil, orang dengan kadar kolesterol tinggi maupun mereka yang sedang menjaga kadar kolesterol bisa mendapatkan pilihan susu yang lebih aman yang bisa mereka konsumsi. Manfaat lain susu kambing murni setelah menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) dan stroke serta serangan jantung.

 

8. Kulit halus dan sehat.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk kecantikan yang terbuat dari susu kambing antara lain sabun mandi, lulur, lotion dan masih banyak lagi. Susu kambing yang kaya akan asam amino, asam lemak, dan vitamin A dipercaya dapat memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

 

Jika Anda mencari kulit yang halus dan lembut, produk yang terbuat dari susu kambing adalah pilihan yang ideal. PH dalam susu kambing sama dengan kulit manusia, sehingga tidak akan merusak kulit dan bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, asam laktat dari susu kambing dapat memberikan air yang maksimal pada kulit sehingga ideal untuk orang yang memiliki masalah dengan kulit kering. Komponen lain seperti asam lemak dan vitamin A di dalamnya dapat memperbaiki penampilan tubuh dan membuang sel kulit mati.

 

9. Meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh

Sebuah penelitian pada tahun 2002 menemukan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi dalam makanan sehingga lebih optimal. Ini berbanding terbalik dengan susu sapi, yang mengganggu kemampuan tubuh menyerap tembaga dan besi bersamaan dengan makanan lainnya.

 

Kesimpulannya, makan makanan dengan segelas susu kambing bisa membuat tubuh menyerap semua nutrisi dan tidak membuang makanan.

 

10. Anda akan tidur lebih nyenyak

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Minum segelas susu kambing hangat sebelum memejamkan mata sebelum tidur. Kandungan asam amino tryptophan pada susu kambing sangat membantu dalam produksi serotonin, yaitu hormon yang diproduksi dalam tubuh. Hormon serotonin sangat penting untuk menjaga mood tetap stabil sekaligus meningkatkan relaksasi. Ini juga bertanggung jawab untuk membantu proses produksi hormon yang disebut melatonin. Ia juga dikenal sebagai hormon tidur.

 

Minum susu kambing sebelum tidur dipercaya dapat membantu Anda lebih cepat tertidur dan tidur lebih nyenyak.

 

Ini adalah fakta. keunggulan susu kambing murni dan produk olahannya, karena kandungan gizinya yang tinggi. dia. keunggulan susu kambing dibandingkan dengan susu sapi atau susu nabati telah dibuktikan secara ilmiah. Mulai dari kandungan protein, sodium magnesium, kalsium, dan potasium. Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan susu kambing. Tidak ada alasan untuk ragu menggunakan susu kambing untuk menambah kebutuhan nutrisi harian Anda. Beragam manfaat susu kambing murni akan membantu Anda dan anggota keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Susu tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mampu mengurangi berbagai jenis penyakit mematikan, termasuk kolesterol, serangan jantung, dan stroke.

 

Selain menjaga dari dalam, kelebihan susu kambing yang murni juga

 

Terlihat dari luar, gigi yang sehat dan penampilan kulit yang cerah, lembab, dan lembut, yang meningkatkan penampilan Anda dalam tindakan Anda. Meski mencari susu kambing murni tidaklah mudah namun ada sejumlah peternakan terpercaya yang memproduksi dan menjual susu kambing beku, botol bahkan bubuk dengan harga yang berbeda-beda.

 

Harga susu kambing yang tersedia di pasaran adalah Rp. 44.000-85.000 per 200 gram untuk susu kambing murni bubuk dan Rp. 6.600-10,000 per 200 ml untuk susu kambing segar atau beku. Jika Anda mempertimbangkan harga susu kambing dan susu sapi, harganya mungkin dua kali lebih mahal. Namun dengan nilai gizi susu kambing yang lebih banyak dibandingkan susu sapi dan produk susu berbahan dasar sayuran, biaya yang ditawarkan sebanding dengan manfaat kesehatan yang bisa didapat.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

PT Unicon Precast Concrete Pemagaran Beton Minimalis & Udicth di Jawa Tengah

Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Media Periklanan

Ini Dia Makanan Tradisonal Khas dari Pontianak provinsi Kalimantan Barat